Sat Intelkam Polres Turun Selidiki Ketersediaan Pupuk di Wajo

WAJO, suaraya.news — Kanit II (Ekonomi) Sat Intelkam Polres Wajo Ipda Bambang Edi melakukan penyelidikan ketersediaan stok pupuk di Salobulo Kecamatan Sajoanging, Kabupaten Wajo, Selasa, 2 Maret 2021.

Itu menyusul penyampaian aspirasi mahasiswa HMI Cabang Wajo Maju di DPRD Wajo pada 25 Februari 2021 tentang proses pendistribusian pupuk yang diperuntukkan kepada kelompok tani di Kecamatan Sabbangparu, tidak sesuai mekanisme, tidak tepat waktu, dan kurangnya stok sampai kepada kelompok tani.

Kondisi diperparah karena Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo menyebutkan, kuota pupuk subsidi berkurang pada 2021 ini. Berdasar pada rencana definitif kegiatan kelompok (RDKK) Kabupaten Wajo, dari 52.389 jumlah petani yang diusul yang terealisasi hanya 27.985 ton. Padahal, luas lahan pertanian ada 100.991 ha di Wajo, serta kuota untuk satu petani hanya untuk 2 hektare saja.

Kegiatan yang dilakukan oleh Unit II (Ekonomi) Sat Intelkam Polres Wajo ini bukan hanya di Kecamatan Sajoanging, tapi juga di kecamatan lainnya di Wajo.

“Kami ingin mengetahui penyebab dan masalah kelangkaan pupuk serta keluhaan para kelompok tani berkaitan dengan penyaluran pupuk subsidi,” kata Ipda Bambang Edi. (*)

Reporter: Andi Erwin, Wajo