Andalan Mengaji Sulsel Bekali Anak-anak Parepare “Ramadan Siap, Gizi Terpenuhi, Badan Sehat”

PAREPARE, suaraya.news — Anak-anak yang tergabung dalam Majelis Anak Saleh di Kota Parepare antusias mengikuti pembekalan menyambut bulan suci Ramadan yang digelar oleh Andalan Mengaji Sulawesi Selatan. Kegiatan yang berlangsung di Balai Ainun Habibie Parepare, Rabu, 7 April 2021 ini mengangkat tema “Ramadhan Siap, Gizi Terpenuhi, Badan Sehat”.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi, tentunya pelaksanaan kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat bagi para peserta dan tetamu yang hadir, serta membatasi peserta yang hadir.

Hadirnya Andalan Mengaji ini atas inisiasi Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, beserta Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan kajian-kajian Islam.

Dalam sambutannya, Plt Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina, menyampaikan, kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi anak-anak yang akan menjalani puasa, khususnya di Parepare. Mengingat bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari di Bulan April ini.

“Kami berharap dengan pembekalan menyambut bulan suci Ramadan, bagaimana para orang tua mengajarkan kepada anak-anaknya untuk bisa lebih produktif mengisi waktu Ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat dan dapat memperhatikan keperluan gizi anak-anak, sehingga anak-anak bisa melaksanakan puasa dengan keadaan sehat, khususnya dalam kondisi pandemi saat ini,” ungkapnya.

Dia juga berbagi sedikit pemahaman secara sederhana tentang makna puasa, keutamaan Ramadhan, keutamaan puasa, rukun puasa, serta sunah-sunah puasa, sehingga mudah dipahami anak-anak.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi bekal kita sebelum memasuki bulan Ramadhan. Untuk itu, marilah kita sambut bulan Ramadhan ini dengan hati yang ikhlas dan rasa gembira. Jadikan bulan Ramadhan tahun ini sebagai bulan panen amal kebajikan untuk bekal hidup di akhirat kelak,” jelasnya.

“Salah satu keutamaan dalam bulan Ramadhan, doa-doa akan mudah dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka dengan itu, mari kita perbanyak berdoa dan meminta yang baik-baik kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” pintanya.

Naoemi Octarina menghanturkan terima kasih atas dukungan penyelenggaraan ini dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan.

Dilanjutkan materi kedua dari Ketua Divisi Neonatologi RSUP dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, dr. Ema Alasiry dengan membahas “Puasa pada Anak”. Ema pun menyampaikan pentingnya memberikan makanan yang bergizi pada anak. Terlebih saat berpuasa dengan menu empat sehat lima sempurna, misalnya bisa dengan memberikan susu, telur, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan yang banyak mengandung air dan jagung/nasi. Tidak lupa juga Ema menjelaskan tentang makanan serta minuman yang sebaiknya dihindari pada saat puasa.

Andalan Mengaji turut membagikan bingkisan kepada anak-anak berupa Jurnal Ramadan, buku zikir serta cemilan. Bahkan para orang tua atau pendamping pun turut antusias bertanya terkait bulan Ramadan, khususnya bagi anak-anak. (*)