Ketua PWI Pusat Banggakan Parepare 10 Daerah Nasional Peraih Penghargaan HPN

MAKASSAR, suaraya.news — Kembali prestasi Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mendapat pengakuan di ajang resmi. Kali ini diungkap Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari dalam sambutan saat pelantikan pengurus PWI Sulsel periode 2021-2026 di Hotel Claro, Makassar, Sabtu, 10 April 2021.

Dalam sambutan di hadapan para undangan, Atal S Depari menyebut ini kedua kalinya Wali Kota Parepare mendapat penghargaan dari PWI Pusat dalam waktu yang berdekatan. Sebelumnya pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN), 10 Februari 2021, Wali Kota Parepare Taufan Pawe juga mendapat penghargaan Anugerah Kebudayaan 2021 dari PWI Pusat.

Penghargaan ini prestisius karena hanya 10 Kabupaten Kota di seluruh Indonesia, termasuk Parepare yang mendapatkan.

“Wali Kota Parepare ini saya baru ketemu. Kemarin dapat penghargaan Hari Pers Nasional. Dari 10 Kabupaten Kota salah satunya Parepare yang mendapat penghargaan,” ungkap Atal.

Atal mengapresiasi Parepare dan daerah-daerah lainnya yang telah menunjukkan kepeduliannya dalam mendukung profesionalisme dan kemajuan pers di daerah.

“Saya bangga dengan tokoh-tokoh terhormat yang hadir. Tokoh-tokoh yang mendukung profesionalisme dan peningkatan kompetensi wartawan. Pesan Bagir Manan, mantan Ketua PWI Pusat, tolak ukur wartawan profesional adalah kompetensi. Jadi 10 program PWI Pusat, nomor 1 sampai 9 adalah pendidikan pelatihan, baru nomor 10 dan lain-lain,” terang Atal.

Apresiasi sama diungkap Ketua PWI Sulsel, HM Agussalim Alwi Hamu. Dia menyebut, Parepare adalah salah satu daerah yang mendukung program utama PWI yakni pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“PWI Sulsel akan melaksanakan empat UKW dalam tahun ini. Pertama diadakan di Pinrang, kemudian Parepare, lalu Luwu Timur, dan Makassar,” kata Direktur Utama Harian Fajar ini.

Pelantikan pengurus PWI Sulsel dan penyerahan anugerah PWI Award ini dihadiri secara virtual Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Hadir langsung Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kajati Sulsel, Wali Kota Parepare, Wali Kota Makassar, Bupati Gowa, Bupati Maros, Bupati Bantaeng, Bupati Luwu Timur, Bupati Wajo, Bupati Pinrang, serta pejabat dan tokoh lainnya. (*)