Wali Kota Parepare Minta Camat dan Lurah Aktif Pantau Pelaku Usaha, Tidak Boleh Ada Pelanggaran Prokes

PAREPARE, suaraya.news — Upaya pemulihan ekonomi harus tetap jalan, tapi jangan melanggar protokol kesehatan (Prokes). Harapan ini diungkap Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di sela peluncuran dan penyerahan bantuan beras dampak PPKM kepada warga penerima PKH dan BST di Gudang Bulog Parepare, Senin, 26 Juli 2021.

Karena itu, Wali Kota Taufan Pawe menekankan kepada para Camat dan Lurah untuk intens memantau para pelaku usaha yang ada di wilayah masing-masing. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Taufan meminta bergerak atas nama Wali Kota Parepare, jika menemukan pelanggaran segera cabut izin usahanya.

“Saya minta Camat dan Lurah intens pantau aktivitas para pelaku usaha yang ada di wilayah masing-masing, dan saya minta bergerak atas nama Wali Kota Parepare. Sampaikan pesan saya kepada para pelaku usaha di wilayah masing-masing, jangan melanggar protokol kesehatan,” pesan Wali Kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Tidak hanya kepada pelaku usaha, Taufan juga mengingatkan pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan. Jangan layani jika tidak menggunakan masker.

“Kami minta Camat dan Lurah mengimbau kepada pelaku usaha agar tidak menerima pengunjung yang tidak menggunakan masker. Dan setiap pelaku usaha berkewajiban untuk menyediakan alat cuci tangan, sehingga setiap pengunjung harus mencuci tangan sebelum masuk, dan yang paling penting agar setiap pelaku usaha tetap menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya,” imbau Taufan.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini menegaskan, agar setiap Camat dan Lurah tidak segan memberikan sanksi tegas hingga pencabutan izin bagi pelaku usaha yang melanggar aturan Prokes.

“Jika ada yang kami temukan melanggar aturan tersebut, maka kami minta dan perintahkan kepada Camat dan Lurah serta Satpol PP untuk mencabut izin usahanya. Serta instansi terkait tetap berkoordinasi dengan TNI-Polri dalam setiap penegakan protokol kesehatan mengutamakan sikap humanis dan berprikemanusiaan,” tandas Wali Kota Parepare dua periode ini. (*)