Disdikbud Wajo Gelar Kompetisi Sains Nasional Tingkat SMP

WAJO, suaraya.news — Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tingkat Kabupaten Wajo 2021, dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wajo. KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter.

Hal ini diungkap Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikbud Wajo, Andi Ritajo. Dia mengatakan, kegiatan KSN akan dilaksanakan mulai 14 hingga 15 September 2021 dengan mode Daring. Adapun bidang keilmuan yang dikompetisikan dalam KSN 2021 meliputi Matematika, IPA, dan IPS.

Andi Ritajo menjelaskan, mekanisme pelaksanaan KSN tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Tempat penyelenggaraan seleksi dilaksanakan di sekolah masing masing dengan pengawasan silang. Berdasarkan data yang ada jumlah sekolah yang ikut pada KSN tahun ini sebanyak 74 Sekolah dengan jumlah peserta keseluruhan 406 siswa. Itu dengan rincian peserta bidang IPA 137 siswa, IPS 137 siswa, dan Matematika 132 siswa.

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Wajo, Yahya SSos MSi saat memantau Kompetisi Sains Nasional, Selasa, 14 September 2021, menyampaikan bahwa KSN ini dilakukan secara rutin setiap tahun dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik. Kegiatan ini, kata dia, salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran IPA, IPS, dan Matematika sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

“Kami berharap agar pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP tingkat Kabupaten Wajo ini terlaksana dengan objektif, jujur, transparan dan akuntabel. Juga kami ingatkan kepada peserta dan pengawas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ingat Yahya. (*)