Lewat Penelitian, LPPM Unhas dan Pemkot Parepare Sinergi Kembangkan Pariwisata

PAREPARE, suaraya.news — Pemerintah Kota Parepare mengadakan pertemuan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar membahas rencana pelaksanaan penelitian dan hilirisasi hasil penelitian di Parepare.

Pertemuan berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 24 November 2021.

Pemkot Parepare diwakili oleh Sekda Parepare H Iwan Asaad dan Asisten II Suriani. Sementara tim peneliti dipimpin oleh Ketua LPPM Unhas Prof Dr Andi Alimuddin Unde.

Pertemuan itu mengerucut membahas sektor pariwisata Parepare. Melalui kerja sama ini, diharapkan pariwisata Parepare juga maju, sama dengan sektor pendidikan dan kesehatan.

“Dengan diskusi bersama Tim LPPM dari Unhas ini, kita akan menjadikan sebagaimana keinginan Wali Kota Parepare dan Wakil Wali Kota Parepare yakni branding di bidang kepariwisataan menghadirkan wisata halal di Parepare,” ungkap Sekda Iwan Asaad.

Iwan berharap, SKPD terkait dapat bersinergi untuk menyambut dukungan dari LPPM Unhas. “Banyak daerah lain menginginkan program yang dibawa oleh Unhas ini. Tetapi kita mau bahwa mungkin matahari itu akan hadir di Kota Parepare untuk menerangi Sulawesi Selatan,” kata Iwan.

Sementara Ketua LPPM Unhas Prof Alimuddin Unde mengatakan, tujuan kunjungan di Parepare adalah untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui hasil riset yang telah dilakukan Unhas.

Sehingga dengan demikian, kata dia, Unhas tidak hanya memberi kontribusi dalam hal peningkatan sumber daya manusia tetapi membantu ekonomi masyarakat melalui upaya riset yang telah dilakukan.

“Kami di sini bagaimana riset-riset itu bisa diterapkan di masyarakat sehingga mendorong ekonomi masyarakat dari hasil riset itu,” harap Prof Alimuddin.

Dia mengemukakan, semua daerah diberi kesempatan dan peluang dalam hal mengimplementasikan hasil riset di Unhas. Unhas menunggu respons dari daerah.

“Kota Parepare ini sangat merespons kami. Pemda Parepare ini dan jajarannya datang di Unhas beberapa waktu lalu melakukan diskusi terkait program-program yang akan dijalankan. Makanya kita juga merespons Pemda Parepare,” terang Alimuddin.

Alimuddin mendorong pengolahan lahan di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan, karena Parepare tidak punya lahan untuk pengembangan budidaya.

“Tapi kami mencoba mendorong bagaimana pengolahan dari semua sektor itu. Jadi Parepare menjadi pusat pengolahan dari berbagai sektor dari hasil riset kami,” tandasnya. (*)