2022 Jadi Tahun Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan, Parepare Tetap Fokus Penanganan Covid-19, Ekonomi Terus Bergerak

PAREPARE, suaraya.news — Pemulihan Ekonomi yang dicanangkan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe pada 2021, dilanjutkan pada 2022. Meski sukses mencapai target dan komitmen pada 2021, namun Taufan Pawe tidak lantas puas. Mensejahterakan masyarakat di masa pandemi yang tak kunjung berakhir ini adalah tujuannya. Itu pula yang menjadi alasan sehingga 2022 ini kembali dicanangkan sebagai Tahun Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan.

“2021 tahun pemulihan ekonomi. Nah, tahun 2022 ini kita canangkan sebagai tahun pemulihan ekonomi berkelanjutan. Kenapa? karena saya masih punya mimpi dan cita-cita untuk makin meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkap Taufan Pawe (TP) dalam kegiatan zikir dan tabligh bersama jajaran Pemkot Parepare di penghujung 2021.

Keberhasilan Pemerintah Kota Parepare dalam mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) dan pertumbuhan ekonomi meningkat di tengah pandemi 2021 menjadi salah satu variabel pemulihan ekonomi berkelanjutan dicanangkan.

Taufan Pawe mengaku bersyukur dan berterima kasih atas kinerja tim di pemerintahannya selama dia menjabat sebagai nahkoda di kota kelahiran Presiden ke-3 RI BJ Habibie ini.

“Alhamdulillah, di tengah pandemi kita mampu mencapai target PAD sekitar Rp156 miliar atau 103 persen. Pertumbuhan ekonomi kita meningkat menjadi 0,08 persen dari 0,06 sekian. Indikator-indikator itulah kenapa saya yakin dengan kerja keras dan inovasi tim ke depan mimpi saya untuk kesejahteraan rakyat dan pembangunan daerah dapat terwujud,” tegas Taufan Pawe.

Taufan Pawe mengungkapkan, 2014 start awal menjadi Wali Kota pemerintahannya mencanangkan tahun itu sebagai Tahun Politik Kesejahteraan.

2015 ditetapkan sebagai Tahun Kinerja, 2016 Tahun Inovasi, 2017 Tahun Kompetisi, 2018 Tahun Peduli. Tahun 2019 sebagai Tahun Integritas, 2020 sebagai Tahun Berintegritas, dan 2021 sebagai Tahun Pemulihan Ekonomi.

Akivitas usaha diharap makin bergerak, seiring dengan loncatan kemajuan daerah yang konsisten dirancang berkelanjutan.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini mengungkapkan, sektor ekonomi menjadi prioritas Pemkot Parepare dalam meraih kemajuan pada 2022 sehingga Parepare kian bersinar dari daerah lain.

Ekonomi daerah ditarget makin bertumbuh signifikan. Sebagai kota jasa, kualitas pelayanan publik ditekankan agar terus ditingkatkan. Apalagi dengan hadirnya RS dr Hasri Ainun Habibie sebagai rumah sakit rujukan setelah Makassar, dan Insitut Teknologi BJ Habibie (ITBH) yang sudah memiliki Rektor.

Meski Parepare kini berada di Zona Hijau dengan status level 1, namun dia tidak ingin lengah. Taufan menegaskan agar protokol kesehatan (Prokes) dalam penanganan pandemi Covid-19, tetap dikedepankan. Sosialisasi hidup sehat diimbau untuk terus digalakkan, sementara pertemuan berskala besar tetap dibatasi. Bahkan kafe, restoran, Warkop wajib dilengkapi scanner barcode yang terhubung dengan aplikasi Peduli Lindungi.

Pencanangan program kemajuan konsisten dilakukan Wali Kota peraih 209 penghargaan ini selama memimpin Parepare dimaksudkan sebagai pijakan para pimpinan SKPD dalam merealisasikan program-program pembangunan daerah. (*)