Inflasi Terjaga di Parepare, Ramadan Hingga Lebaran Idul Fitri Harga Terkendali, Kebutuhan Masyarakat Terpenuhi

PAREPARE, suaraya.news — Pemerintah Kota Parepare dapat menekan laju inflasi menjadi 0,71 persen selama Ramadan hingga lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Harga barang kebutuhan pokok cenderung stabil selama Ramadan hingga lebaran. Hal itu lantaran upaya yang dilakukan Pemkot Parepare di bawah kepemimpinan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Prasetyo Catur mengungkapkan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare selama ini dalam menekan harga bahan pokok saat gejolak pasar cukup tinggi selama Ramadan lalu hingga lebaran Idul Fitri 1443 H.

“Kami mengantisipasi dengan cara mengumpulkan seluruh distributor yang ada di Kota Parepare, dan kami mendata, meminta jaminan ketersediaan barang-barang dan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat yang ada di Parepare kepada para distributor. Kami tidak henti-hentinya turun ke pasar. Apalagi menjelang lebaran kemarin, kami berkolaborasi bersama Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PKP dan Bagian Ekonomi dengan cara turun ke pasar melihat kondisi barang-barang pokok yang ada di pasar. Juga kami memantau harga-harga yang ada di pasar,” ungkap Prasetyo, Jumat, 13 Mei 2022.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan yaitu dengan menggelar Operasi Pasar di beberapa tempat untuk menekan harga yang cukup signifikan dengan menggandeng beberapa distributor.

“Kami melihat kemarin komoditas ayam yang cukup naik signifikan harganya, kami melakukan cepat Operasi Pasar di beberapa tempat. Kami menggandeng distributor dengan harga yang murah. Itulah upaya-upaya kami untuk meredam inflasi di Parepare selama bulan April atau selama Ramadan,” terang Prasetyo.

Semua itu, kata Prasetyo, sesuai petunjuk Wali Kota Parepare, Taufan Pawe untuk menekan laju inflasi dengan kerja kolaborasi. “Semua berkat arahan Bapak Wali Kota,” tegas Pras, sapaannya. (*)