Pemkot Parepare Wajibkan SKPD Pelayanan Terapkan Zona Integritas

PAREPARE, suaraya.news — Satuan Kerja Perangkat Daerah lingkup Pemkot Parepare yang berbasis pelayanan diwajibkan menerapkan zona integritas.

Itu karena Parepare menuju zona integritas, dan mulai tahun ini berlaku tahun integritas.

Bahkan zona integritas itu sudah diterapkan oleh aparat penegak hukum yakni Kejaksaan Negeri Parepare dan Polres Parepare.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat menghadiri pembangunan pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Polres Parepare, Selasa, 12 Maret 2019.

“Semua SKPD yang memberikan pelayanan publik dan berhubungan dengan masyarakat wajib mencanangkan zona integritas. Mari kita contoh Polres dan Kejaksaan Negeri yang lebih dulu mencangankan zona integritas,” tegas Taufan.

Pencanangan zona integritas yang digelar di Baruga Pratishta, selain dihadiri Wali Kota Parepare, juga dihadiri Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Negeri serta Ketua DPRD Parepare.

Pencanangan zona integritas dinilai wali kota lulusan doktor hukum Unhas ini, merupakan solusi dalam pencegahan budaya korupsi, kolusi dan nepotisme.

Taufan mengingatkan, institusi kepolisian mesti mengenal dengan baik era globalisasi yang modern, agar dapat bergerak cepat dalam pelayanan publik. Apalagi Parepare saat ini telah dipotret dengan baik oleh pemerintah pusat.

“Selain itu, untuk mewujudkan zona integritas di Kota Parepare diharapkan juga keterlibatan masyarakat agar menjadi polisi untuk dirinya sendiri. Agar sadar akan hukum yang berlaku,” imbuhnya.

Sementara Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi menyampaikan tekadnya menjadikan Parepare sebagai zona integritas. Itu untuk mewujudkan daerah bebas korupsi dan bersih dalam melayani.

“Polres Parepare telah berupaya merubah diri lebih baik, dalam melayani masyarakat. Kita harap tahun ini Polres Parepare mendapat predikat zona integritas, yang tentunya harus memenuhi unsur-unsur yang telah ditetapkan oleh Kemenpan RB,” harap Kapolres. (*)