Inovasi Parepare, Berdaya Srikandi Oleh Srikandi Tembus Top 99 Inovasi Tingkat Nasional

JAKARTA, suaraya.news — Inovasi Kota Parepare kembali mendapat pengakuan nasional.

Kali ini inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) sukses tembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tingkat nasional yang diadakan Kemenpan-RB.

Kepastian itu setelah Kementerian PAN-RB mengeluarkan pengumuman nomor B/153/PP.00.05/2020, 18 Juni 2020, tentang TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan K/L, PEMDA, BUMN dan BUMD Tahun 2020.

Di ajang Governor Award For Innovation (Gafi) tingkat Provinsi Sulsel 2019, Berdaya Srikandi Oleh Srikandi justru hanya masuk nominasi.

Sekretaris Dinas PKP Kota Parepare, Dr Abdullah mengatakan, Berdaya Srikandi oleh Srikandi adalah program pemberdayaan kelompok perempuan untuk menjadi tenaga pembina/pendamping teknis dan manajerial untuk kelompok-kelompok usaha yang ada di Kota Parepare khususnya kelompok usaha pesisir.

“Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan melakukan pembinaan kelompok perempuan menjadi Srikandi Pembina. Srikandi Pembina inilah melakukan pendampingan kepada kelompok perempuan pesisir untuk mampu mengembangkan usaha dan meningkatkan produksi, pemasaran dan keberlanjutan usahanya,” terang Abdullah, Jumat, 19 Juni 2020.

Abdullah mengemukakan, dengan ketekunan kerja Kelompok Perempuan Pesisir yang dimotivasi oleh Srikandi muda bersemangat sebagai pendamping, maka berdayalah Srikandi Pesisir yang dibina oleh Srikandi “Berdaya Srikandi oleh Srikandi”.

“Terakhir 2019 itu sudah ada 25 kelompok yang dia bina. Ini berjalan sejak 2017, 2018, 2019 dan sampai sekarang,” ungkap Abdullah.

Abdullah menekankan, kelebihan dari program ini karena Srikandi mengajar Srikandi sehingga, biar pagi dan masih pakai daster sudah bisa belajar dan tidak ada sekat karena sama-sama perempuan. “Di situ yang membuat tertarik Pemerintah Pusat,” beber Abdullah.

Ini untuk kali kedua inovasi dari Dinas PKP Parepare lolos masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional. Pada 2019, inovasi Callnak Centre dari Dinas PKP Parepare tembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Secara umum, tiga kali beruntun inovasi Parepare tembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, setelah pada 2018, Call Centre 112, inovasi pelayanan kesehatan terpadu Dinas Kesehatan Parepare, masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengapresiasi inovasi Parepare kembali mendapat pengakuan Pemerintah Pusat

“Ini kali kedua Dinas PKP berhasil masuk dalam Top 99 Inovasi, setelah inovasi Callnak Centre juga berhasil lolos pada 2019. Kali ini satu lagi program inovasi Parepare diakui Pemerintah Pusat yaitu Berdaya Srikandi Oleh Srilandi,” puji Taufan Pawe. (*)