Festival Salo Karajae Jadikan Parepare Magnet di Sulsel Tepat Hari Pariwisata Sedunia

PAREPARE, suaraya.news — Festival Salo Karajae di Kota Parepare akan menjadi magnet di Provinsi Sulawesi Selatan dan sekitarnya tepat pada Hari Pariwisata Sedunia, Selasa, 27 September 2022.

Festival Salo Karajae yang sudah menjadi event nasional masuk dalam Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia, diadakan oleh Pemkot Parepare melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) pada 27 September 2022 hingga 1 Oktober 2022.

Ini adalah festival bahari terbesar di Sulsel yang akan diisi oleh beragam kegiatan unik, menarik, kreatif di antaranya Salo Karajae Water Projection Mapping, Pesta Kembang Api, Lomba Perahu Hias, Lomba Nyanyi Lagu Daerah, Tari Kreasi dan berbagai kegiatan lainnya.

Ajang menjadi semakin menarik karena akan dimeriahkan oleh artis-artis nasional. Seluruh acara terbuka untuk umum dan gratis.

“Kota Parepare sebagai Kota Cinta kali ini melalui @disporapar_parepare menghadirkan Festival Salo Karajae yang masuk ke dalam Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia. Catatki tanggal 27 September s/d 1 Oktober 2022 nah, janganki sampai ketinggalan. GRATIS!!! Sukses terus Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nasional! Gercep, Geber, Gaspol. @sandiuno @kemenparekraf.ri,” tulis Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di akun media sosial pribadinya.

“Kita terus berupaya maksimal bagaimana kota kecil ini bisa menggaungkan namanya di tingkat nasional. Dengan hadirnya kembali Festival Salo Karajae, di samping menggerakkan perekonomian masyarakat Kota Parepare, event ini diharapkan mampu menjadi ajang promosi pariwisata daerah kepada turis lokal maupun internasional. Ke Kota Cinta karena Cinta,” ungkap Taufan Pawe.

Festival Salo Karajae kembali digelar tahun ini setelah dua tahun sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Event yang menggabungkan unsur wisata bahari dan budaya ini digelar di Kawasan Wisata, Tonrangeng Riverside, pesisir Sungai Karajae, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

“Yang pastinya Festival Salo Karajae kali ini, bakal banyak kejutan salah satunya penampilan dari penyanyi skala nasional untuk menghibur para pengunjung yang datang,” kata Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) awal tahun lalu telah menetapkan Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022.

Ada 110 agenda wisata hadir di KEN 2022, salah satunya Festival Salo Karajae di Parepare, Sulawesi Selatan.

Festival Salo Karajae terpilih mewakili Sulsel pada penilaian Event Kharisma Nusantara 2022.

Festival Salo Karajae pada 2020 lalu juga berhasil menembus 100 Wonderful Event Indonesia, event tahunan yang sudah masuk Top Event Kalender Nasional.

“Salah satu sektor yang memang diharapkan bersama mampu menunjang Kota Industri Tanpa Cerobong Asap melalui Teori Telapak Kaki adalah pariwisata, Festival Salo Karajae jawabannya,” tandas Wali Kota Taufan Pawe saat membuka Festival Salo Karajae pada 20 Februari 2020. (*)