Pemkot Sambut Gojek di Parepare, Menuju Smart City dan Berdayakan UMKM di Tengah Pandemi

PAREPARE, suaraya.news — Pemerintah Kota Parepare membuka pintu selebar-lebarnya dengan rencana kehadiran Gojek di Parepare.

Kehadiran Gojek akan mendukung Parepare menuju Smart City yang selalu didengungkan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, sekaligus menjadi mitra pemerintah dan masyarakat khususnya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis UMKM.

Harapan ini diungkap Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad dalam video conference (Vicon) aplikasi zoom meeting bersama jajaran Pemkot Parepare dan manajemen Gojek membahas rencana beroperasinya Gojek di Parepare, Rabu, 13 Mei 2020.

“Pemerintah Kota membuka pintu selebar-selebarnya bagi kehadiran Gojek. Percepat perizinan dan SPK (surat perjanjian kerja sama) tanpa melanggar rambu-rambu yang ada,” imbuh Iwan Asaad.

Karena itu, Iwan menugaskan khusus Asisten III Haryanto untuk mempercepat masalah perizinan Gojek dan Asisten II Suriani mempercepat masalah SPK Pemkot dengan Gojek.

Harapan Iwan, Gojek hadir untuk mendukung pembatasan aktivitas masyarakat, pembatasan jarak fisik (physical distancing) di tengah pandemi Covid-19.

Aplikasi pesan antar makanan, bahan makanan, hingga pembayaran tagihan dari Gojek dibutuhkan demi meredam penyebaran virus Corona (Covid-19) di Parepare.

“Termasuk aplikas GoSend dari Gojek berupa pesan antar bahan makanan dan Sembako dibutuhkan di empat pasar di Parepare. Karena salah satu titik rawan penyebaran Covid-19 adalah di pasar,” ungkap Iwan.

Tidak hanya di masa pandemi, setelah masa pandemi keberadaan Gojek tetap dibutuhkan pemerintah dan masyarakat.

Salah satu kemitraan Pemkot dengan Gojek yang digagas Iwan ke depan adalah kerja sama dalam pendistribusian bantuan sosial (Bansos).

“Menggunakan jasa Gojek untuk pendistribusian Bansos, tidak hanya memudahkan kinerja aparat pemerintahan tapi juga membantu pemerintah untuk menilai secara obyektif layak tidaknya penerima bantuan,” terang Iwan yang juga mantan Kepala Bappeda Parepare.

Jajaran manajemen Gojek yang menjadi peserta rapat virtual itu menyambut positif harapan Sekda dan Pemkot Parepare.

Manajemen Gojek yang ikut Vicon adalah Senior Manager Gojek East Indonesia, Mohammad Khomeiny, District Head Gojek Makassar Adwin Pratama Anas, City Manager Makassar Kurniawan, dan Operational Lead Parepare Sarianto.

City Manager Makassar Kurniawan dalam pemaparannya mengemukakan, kehadiran Gojek di Parepare akan memberdayakan masyarakat lokal dan UMKM setempat, termasuk pasar tradisional.

Program sama sudah dilakukan di Kabupaten Bulukumba, yang menjadi daerah ekspansi Gojek setelah Makassar di Sulsel. Kini ekspansi menyasar Parepare.

Ada enam layanan yang akan dibuka Gojek di Parepare yakni GoRide, GoFood, GoSend, GoPay, GoPulsa, dan GoBills.

Bahkan Kurniawan mengungkapkan sudah ada 244 calon mitra driver yang mendaftar dan 197 outlet merchant yang mendaftar di Parepare.

“Tapi semua belum beroperasi karena menunggu izin atau restu dari Pemerintah Kota. Semua mitra kami ber-KTP Parepare. Karena kami memberdayakan masyarakat lokal, serta pengusaha dan UMKM lokal,” tegas Kurniawan.

Kurniawan pun menawarkan jadwal rencana launching atau soft opening Gojek di Parepare pada 19 Mei 2020. Peluncuran rencananya dilakukan langsung Wali Kota Parepare di Rumah Jabatan Wali Kota, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Sekaligus peluncuran Posko Aman Bersama Gojek, penyerahan masker, dan penyemprotan disinfektan. “Tapi kami kembalikan kepada Pemerintah Kota, bagaimana baiknya. Ini hanya tawaran awal,” kata Kurniawan.

Sekda Iwan Asaad merespons, namun tetap memperhatikan segala persiapan sebelum peluncuran.

“Kami menyebutnya soft opening. Tetap saja pada jadwal semula dulu, sambil kita finalkan segala persiapannya,” tandas Iwan.

Peserta Vicon Asisten I Hj St Amina Amin, Asisten II Suriani, Asisten III Haryanto, Kepala Dinas Kominfo yang juga Plt Kadis Perhubungan HM Iskandar Nusu, Kabag Pemerintahan Ramli, Kabag Perekonomian dan SDA Basuki Busrah, Sekretaris Dinas Kominfo Haryanto Hairun, dan Kabag Hukum yang diwakili Kasubag Hukum Julianto merespons dan siap mensupport percepatan operasional Gojek di Parepare. (*)